Search

Separuh orangutan terancam musnah

Posted by Budi on Tuesday, November 22, 2011


http://abeeayang.files.wordpress.com/2007/10/061026_koeln_orang_utan2_g.jpg


Kecepatan penurunan populasi orangutan terus meningkat pada beberapa tahun terakhir. “Para ahli memprediksi, jika kondisi ini tidak membaik, maka dalam 10 tahun terakhir Indonesia akan kehilangan hampir 50% dari jumlah populasi otangutan yang ada saat ini,” ujar Menhut Zilkifli Hasan pada acara pelepasliaran orang utan di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Senin (21/11).
Zulkifli mengatakan, sesuai Peraturan Menhut Nomor 53 Tahun 2007 tentang Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017, kegiatan rehabilitasi dan reintroduksi orangutan pada habitatnya harus dapat diselesaikan pada tahun 2015.
Menurutnya, upaya perlindungan dan pengamanan orangutan harus dititikberatkan pada upaya pencegahan keluarnya orangutan dari habitat alamnya akibat kegiatan illegal, bukan pada upaya penegakan hukum ketika orangutan sudah berada di luar habitat alaminya.
“Orangutan dianggap sebagai suatu ‘flagship species’ yang menjadi suatu simbol untuk meningkatkan kesadaran konservasi serta menggalang partisipasi semua pihak dalam aksi konservasi,” ujar Menhut.
Pada acara ini, sebanyak enam ekor orangutan dilepasliarkan dari rencana pelepasliaran 40 ekor. Hewan-hewan langka yang dilindungi tersebut berasal dari Orangutan Care Center and Quarantine – Orangutan Foundation Internasional (OCCQ-OFI) Pangkalanbun. Keenamnya telah menjalani tahapan karantina, sosialisasi dan rehabilitasi selama antara 7-13 tahun. Sebelumnya, orangutan tersebut diserahkan oleh masyarakat secara sukarela. Untuk memonitor pergerakan orangutan pascapelepasliaran, dipasang microchip pada orangutan tersebut.
Program pelepasliaran ini digagas oleh Orangutan Foundation International (OFI) bekerja sama dengan PT. Sinar Mas Group.

http://mrtscience.files.wordpress.com/2010/02/orangutan_pleasehelp_2.jpg

http://bosfoundation.files.wordpress.com/2010/08/kesi-1.jpg

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/8a/Orangutan_01.jpg

http://www.wallpaperweb.org/wallpaper/animals/1440x1080/Being_Coy_Sumartran_Orangutan_1440x1080.jpg

http://species2011s.wikispaces.com/file/view/female-sumatran-orangutan-and-baby-pictures.jpg

http://vibulletin.com/img/images/409Orangutan5.jpg

Tolongi Keluarga Gw Dong ...?
Kami Mau Minta Pertolongan Sama Siapa Lagi kalau Bukan Kalian Mahluk Sempurna Yang Di Ciptakan...
Plissssssss.....



sumber :http://id.berita.yahoo.com/menhut-jika-kondisi-tak-membaik-indonesia-akan-kehilangan-030017661.html

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...